BANDUNG-DIENG ONE DAY TRIP SENDIRIAN! part 2

*sambungan* part 1

Setelah bosen futu-futu dan kaki gempor karena tawaf melebihi syariat gue keluar dari komplek candi lewat pintu belakang dan lanjut jalan, lewatin Dieng Plateau tapi gak masuk, males aja pas itu gatau kenapa. Jalaaan terus tapi masih bingung mau kemana, dirasa-rasa ni perut mulai konser, pala kleyengan kunang-kunang, gigi kuning, mata belo, pipi tembem, dih apaan wkwk ya pokonya gue laper dan memutuskan untuk cari tempat makan. Mumpung di Dieng gue pengen makan makanan khasnya Dieng yang gak ada di Zimbabwe, yak, Mie Ongklok. Gokil sih ini kek mie ayam versi next levelnya, gue pesen yang topingnya daging sapi pas itu. Enaaaa tapi gak mo meninggal, apalagi dimakan pas laper. Tapi kok gue susah payah buat menghabiskan semangkok Mie Ongklok itu, entah karena porsinya yang banyak, atau karena suasana makan gue yang garing bet wkwk keringetan, capek, makan sendirian, bener-bener sendiri gak ada pelanggan lain yaampooon untung mie-nya enak :( dan saat itu gue bisa sejenak melupakan seblak dan batagor. Pelan-pelan gue tetep berusaha menghabiskan sambil numpang nge-charge hp. 

Beres makan tanpa ngutang, gue lanjut jalan. Liat petunjuk yang paling deket sih Telaga Warna, yauda gaskeun. Gue tanya kang cuanki "pak, Telaga Warna isih adoh ta mboten?", "satu kilo paling mbak, mbak e dewekan?", "nggih pak", "owalaa ati-ati mbak", "nggih pak matur nuwun". Sepuluh menit berlalu kok masih belum nyampe, kan herman gue. Ternyata mayan jauh tjoy 3 km mah lebih, si bapak bilang sekilo, maksudnya biar gue semangat aje kali ye? Atau sebenernya deket tapi guenya yang mendadak jadi golongan siput? Kek lambat bet gue jalan, tapi seinget gue, gue jalan normal sih malah agak cepet langkahnya, heran aja gak nyampe-nyampe. Mungkin karena tengah hari, rasanya agak lemes, matahari berasa kek ngeroyok gue padahal gue gada salah apa-apa ama keluarganya, suer gue gak nyolong halogen :(

Setelah kaki gue keriting dan ubun-ubun gue ngebul kepanasan, nyampe juga di pintu masuk telaga warna, gue menukarkan rupiah senilai 12.500 dengan selembar tiket masuk dan 5000 rupiah untuk pengembangan apa asuransi ya gue lupa. Kalo lupa suka gak inget.
Cuaca yang cerah dan terik seketika mendung, hujan masih malu-malu buat turun jadi gue masih oke buat keliling dan ambil beberapa foto pemandangan.



Ngaso bentar, gue gak lama keliling disitu dan gak  mungkin muterin semuanya juga karena luas banget, cuma ke spot yang menurut gue menarik dan sepi aja. 
Tapi rasanya ademmm banget, tenang gitu, walaupun di beberapa tempat gue ngerasanya agak mistis wkwk suer tiba-tiba merinding aja pas lewat.
Langit semakin mendung, suara geledek pun bersahutan bak orkestra, setelah gue rasa cukup ngaso disitu gue langsung cabut. Baru beberapa meter keluar dari area telaga warna, hujan mengeroyok seketika langsung deras tanpa aba-aba, gue masih jalan, terus lama-lama setengah lari nyari tempat berteduh. Gue duduk di bangku jejeran warung yang tutup, nunggu hujan reda sambil mikir selanjutnya mau kemana. Setengah jam berlalu hujan belum mau reda dan gue tidak juga menemukan jawaban, browsing gak ada sinyal. Sepuluh menit kemudian alarm pengingat waktu salat gue bunyi, berbarengan dengan hujan yang mulai mereda, gerimis doang gapapa lah ya, gue lanjut jalan nyari masjid terdekat.

Sepanjang jalan banyak menyapa dan disapa warga lokal yang ramah-ramah banget, begitu juga sesampainya gue di masjid, ngobrol basa-basi dengan beberapa orang, salat berjamaah lalu numpang istirahat sampe gue ketiduran wkwk sambil duduk pula. Diluar hujan turun lagi makin deras. Gatau pas itu gue ngerasa agak puyeng dan kedinginan, basah kuyup setelah sebelumnya ngebul kepanasan, wajar kali ya kalo pusing. Pas kebangun jam menunjukan hampir pukul 2 siang. Akhirnya gue memutuskan buat balik aja, hujan masih gak mau berhenti, gue nunggu sampe agak kecil dan langsung cabut sebelum dia membesar lagi.
Gue jalan ke pertigaan tempat elf lewat menuju Wonosobo, gak lama elf yang ditunggu dateng dan gue langsung naik karena hujan udah mulai membesar lagi.

Sambil kedinginan gue tetep berusaha selow dan fine-fine aja, ngobrol ngalor ngidul sama ibu-ibu dan pak supir yang ngakunya masih bujang dan lagi nyari calon terus dicomblangin ke gue sama tuh ibu-ibu wkwk gue ketawa-ketiwi aje dengerin mereka ngegosipin tetangganya yang selama sejam lebih perjalanan tuh topik gak kelar-kelar hahaha, sesekali nanya-nanya gue lagi sambil becanda. "mbak e wis mbojo?", "durung bu", "woalah betah ora nang kene nang Dieng?", "betah ya betah soale udaranya gak jauh beda karo nang Bandung", "ya wis nek betah mbojo wae karo wong kene, gelem ora?", "nek ana sing gelem ya kena" jawab gue mbari ketawa wkwk gue agak gak nyangka kalo topik obrolan gue dengan orang baru bisa sampe situ dan terus  melebar haha, anyway gue menikmati obrolan receh yang gue jawab sekenanya itu.

Sampai terminal Mendolo hujan masih bersitahan dengan derasnya. Gue duduk di bangku sambil numpang nge-charge dan ngobrol sama bapak-bapak dan abang-abang terminal. Karena gabut dan gatau mau ngapain jadi gue cuma bisa menikmati obrolan dengan mereka sambil nunggu keberangkatan bus maghrib nanti. Salah satu bapak yang agak tua cerita banyak tentang sejarah telaga warna yang gue gak mungkin dapet info-info itu dari internet. Seru, merasa didongengin gue jadi pen bobo wkwk

Maghrib tiba, bus Budiman dari Cimahi pun datang. Setengah jam istirahat bus kembali bersiap menuju Cimahi. Gue pamitan ke bapak-bapak itu dan beli sedikit oleh-oleh buat yang nitip. Hmm rasanya belum puas, tapi badan gue keknya agak drop, bus melaju pelan karena jalanan licin dan hujan terus mengguyur, gue liatin jalanan sambil berdialog dengan diri gue sendiri. Bersyukur akhirnya salah satu keinginan gue buat melangkah lebih jauh sendirian tercapai, sambil mikir mungkin gak ya ada kesempatan gue melakukannya lagi? Lalu selanjutnya kemana? Gue tau tubuh gue lelah tapi entah gimana gue ngerasa lega dan happy banget saat itu. Kaya ngerasa satu beban terlepas dari diri gue.

Lama-lama suhu tubuh gue meninggi, kepala berat, mual, perut kembung, promagg obatnyaaaa.. Ih anjir malah iklan! Skip, sampe gue ngerasa wah keknya udah gabisa ditahan, gue keluarin kantong ajaib dan muntah, seinget gue itu masih daerah Banyumas, gue lupa bawa obat-obatan, minyak angin dan sebagainya, akhirnya gue cuma minum dan berusaha tidur, untungnya badan gue travel size dan kebetulan kursi sebelah kosong, jadi gue bisa bobo.
Pas kebangun bus udah sampe Cilacap, lagi-lagi gue muntah, gak tahan gatau kenapa. Mending kalo muntah keluarnya kupon undian, lah ini gaenak, tapi gue rasa gak sampe mengeluarkan semua Mie Ongklok yang tadi siang gue makan, mungkin perut gue paham biar perjalanan ini gak sia-sia. Abis itu? Tidur lagi lah masa main uno, mau ngapain lagi daripada muntah terus, tar Mie Ongklok gue abis. Lalu kebangun lagi karena bus udah berhenti di rumah makan Ciamis, gue gak makan karena kondisi perut bener-bener gak enak buat diisi, saat yang lain makan gue cuma salat ke mesjid terus balik ke bus. Tapi gue masih oke-oke aja, bisa jalan dan mikir, cuma gaenak aja badannya. Di perjalanan pulang ini gue lebih banyak tidur, tau-tau udah sampe Cileunyi, tidur lagi, kebangun pas udah keluar Tol Baros sampe akhirnya sampai dan turun di Cimahi Mall jam 4 subuh.

Gue lanjut jalan ke Masjid Agung Cimahi, salat berjamaah terus numpang istirahat sampe kaki gue yang keriting ini agak mendingan buat jalan lagi. Tiduran di masjid sampe jam 7 pagi, jalan lagi ke Pasar Atas sambil nyari sarapan buat di rumah.

Selelah-lelahnya entah kenapa gue gak nyesel sama sekali, sebaliknya gue bersyukur dengan apa yang sudah gue lalui itu, walaupun mungkin gajelas tujuannya, tapi gue ngerasa lega aja dan ingin melakukannya lagi suatu hari nanti. 

"Tidak penting kemana, yang lebih penting dari perjalananmu adalah kamu berhasil melampaui egomu sendiri, mengalahkan ketakutan-ketakutanmu sendiri. Menerima kesulitan dengan baik, menyelesaikannya dengan baik." 
—riskaaditiana.

Dah ah, udah subuh nih mata gue sepet. 
Makasi banget udah mampir dan baca cerita gue guys, see ya! 

Komentar

Postingan Populer