BANDUNG-DIENG ONE DAY TRIP SENDIRIAN ! part 1

One day trip to Dieng sendirian? Aslina? Asli bisa bangeett slur!


Bismillah.. oke, hai!
Sebelum pandemi Covid-19 diumumkan di Indonesia dan diberlakukan PSBB, di awal Februari ini gue akhirnya memberanikan diri dan membulatkan tekad untuk maju di pilkada 2020, ih bukan! Buat melakukan perjalanan lintas provinsi sendirian, ehe. (halah halah sosoan solo traveling ceritanya wkwk)
Setelah 7 purnama gue mengumpulkan energi untuk bisa yakin dan berani, juga nyari kesempatan waktu yang tepat buat merealisasikannya disela-sela kerja yang susah dapet libur weekend.
Begitu ada kesempatan, seketika itulah gue meluncur melesat membahana memanfaatkan celah buat berangkuyyy. Disaat kolega yang lain company gathering, lah gue malah melancong sendirian :( iya gapapa sengaja hahaha. Karena emang udah gakuat banget pengen pergi, 7 minggu ini gue ngerasa lumayan capek banget karena kolega gue resign akhirnya tugas doi gue yang handle, kesana kemari sendiri dan sering lembur.

Selasa, 3 Februari 2020 gue pulang kerja lebih cepet, masuk setengah hari karena memang persiapan pada mau company gathering, sekitar jam 3 sore gue ngecek jadwal bus dulu di agen Budiman Cimahi Mall, dianter kolega baru yang baru masuk 2 minggu wkwk yeeaay akhirnya gue ada yang bantuin lagi hehe.
Oke balik ke topik. Setelah dapet info bus berangkat pukul 18.00, gue langsung balik, mandi, dan packing dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Gue cuma bawa tas daypack kecil banget (Eiger Alpaca Lite 10L) tapi muat untuk barang yang dibutuhin aja. Pukul 17.30 dianter Yang Mulia (baca: Bapak) sampe bus berangkat dari Cimahi menuju Wonosobo.

Jam 11 malem bus melipir di rumah makan daerah Ciamis, trus makan, oiya ini ongkosnya 100.000 include makan ya, jadi gausah worry kalo lu gak bawa bekel makanan. Yak lanjut, setelah 9 jam gue kek cacing cau ngelingker-lingker gak karuan dalem bus karena pegel, tibalah gue di penghujung acara, yeee di terminal dodol! Yak Terminal Mendolo Wonosobo wuuuu kangen banget.
Sampe Wonosobo jam 4 subuh, begitu turun gue langsung nangkring di bangku terminal buat istirahat lurusin kaki sambil nunggu adzan, sumpah pegel.
Oya, ini kali kedua gue ke Dieng, sebelumnya gue pergi rombongan naik Gunung Prau yang bisa kalian baca ceritanya disini ya.

Beres salat dan bersih-bersih gue nikmatin udara Wonosobo pagi hari sambil liatin aktivitas orang-orang di terminal dengan view Gunung Sindoro dan Sumbing, duh! Cinta banget dah ah. Abis itu gue langsung nyari keributan, eh nyari sarapan, e tapi gue kan anaknya gak biasa sarapan se-early itu wkwk yaudah cuma beli milo anget biar ada energi dikit lah ya. Sepanjang gue baru turun dari bus sampe gue nyari sarapan, banyak mas-mas yang gantian nyamperin gue buat nagih utang! He bukan, buat nawarin jasa ojek, nanya-nanya mundur pundi mba? Dari mana? Sendirian? Udah makan? Mamah nyangu? Donald Trump kalo eek mukanya jelek ga? Wkwk gitu dah pokonya terussss diulang-ulang pertanyaan yang sama ampe gue lelah mo meninggal jawabnya, mereka juga nawarin dengan tarif yang gak kira-kira, berhubung Gunung Prau lagi tutup katanya gak ada elf yang menuju ke Dieng dari terminal, jadi naiknya mesti dari RSUD Setjonegoro atau Alun-Alun Wonosobo. Rata-rata nawarin 150.000-160.000 ke Dieng yang kalau naik elf cuma 20.000, atau 30.000 ke RSUD yang kalau naik angkot cuma 3000, segala bilang "Gak ada elf mba, gak ada angkot juga jam segini, yang lain dari Jakarta, Bekasi juga pake ojek" ih ampun dipikir gue anaknye Hotman Paris kali. Gue bersikukuh dengan pendirian gue untuk menolak tawaran mereka dengan sopan, walaupun gue tau bagi mereka itu pasti mengecewakan :(

Gue kalo bawa bekel banyak sebenernya mau-mau aja pakai jasa mereka, berhubung tidak, ya gue menghemat dong, tar keabisan duit gak bisa balik kan repot Indonesia hehehe. Terus liat maps dari terminal ke RSUD cuma 4,2 km, akhirnya gue memutuskan untuk jalan kaki aja,paling 10 menit. Terus gue liat ada angkot - angkot yang lewat, tuh kan memang tipu-tipu mas-mas itu bilang kaga ada angkot. Tapi gue tetep milih jalan kaki buat lebih menikmati perjalanan aja, menjamahi sudut-sudut Wonosobo dan penghuninya dari dekat sambil meng-capture beberapa gambar yang ingin gue abadikan.


Sesampainya di depan RSUD, gue nunggu pinggir jalan sambil baca tulisan tiap elf yang lewat, nyari yang ada tulisan Dieng-nya, takut-takut tar gue salah naik elf malah dibawa ke.. kehidupan berikutnya, uwaaaah jauh amat wkwk
Setelah naik elf gue bersikap kek warga lokal aja, senyum-senyum ramah, ditanya ya jawab, suruh geser ya geser, suruh nikah ya nanti dulu laaah kan lagi jalan-jalan hei halo. Dikit - dikit ya gue bisa lah ya bahasa jawa ngapak, dan gue bisa ngerti kalau orang ngomong, tapi kalau gue ngomong kek aneh haha

"pinten pak?" tanya gue ke pak supir pas elf berhenti, "limolas mbak" jawabnya, waw mayan nih diskon goceng keknya gegara pake bahasa lokal wkwk. Sekitar jam setengah 9 gue sampe Dieng, masih bingung mau kemana, dan sialnya hapeku kehilangan sinyal huwaaaa smatpren memang gak pren -_- gue makin bingung karena gak bisa akses gmaps.
Mau tidak mau ya mengandalkan plang petunjuk dan tanya-tanya warlok. 

Tempat pertama yang gue kunjungi adalah Komplek Candi Arjuna, tiket masuknya 15.000, areanya memang gak terlalu luas kek kebanyakan Candi lainnya, tapi bagi gue situs dan cagar budaya selalu menarik.



Gue lumayan lama tawaf dimari ampe laper, udah gitu diwawancara mulu ama bocah-bocah sekolah yang lagi study tour, berkali-kali dengan pertanyaan yang sama ampe otak gue udah bisa otomatis jawabnya, udah hatam. Pas gue lagi asik foto-toto pake timer tentunya, tiba-tiba 2 cowok ngeliatin, duh malu kan gue kira mereka mau foto disitu juga yaudah gantian gitu, lah taunya nyamperin terus bilang "mba mau difotoin?" ih ampoon! Wkwk malu bet gue, kesian kali ya liat gue mondar-mandir mencet timer wkwk awalnya gue nolak tapi jadi gaenak, yauda gue iyain aja menghargai niat baik mereka dan gantian gue juga fotoin mereka, terus akhirnya kenalan dan ngobrol sebentar.
Lalu kita terpisah, mereka lanjut mau ke kawah sikidang, dan gue.. Gatau mau kemanaaa wkwk

*bersambung* ke part 2

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer