GUNUNG PRAU VIA DIENG - Dingin-dingin empuk uwuw

Mt. Prau 2565 mdpl

Assalamu'alaikum rekan sejawat!

Yoi ini kali pertama ni gue naik gunung diluar Bandung, Ya Allah akhirnyaaaaa... kesempatan ini datang juga ahaha. Pasalnya gue emang pengen banget nyoba nanjak ke gunung-gunung lain diluar Bandung, nah kebetulan, gak kebetulan si sebenernya emang udah rencana Allah aja kali ya haha, gue diajak sama kakak kelas SMA gue, katanya dia diajak temennya ke Gunung Prau, Jawa Tengah, terus doi nawarin gue juga, berangkatnya sekitar 2 mingguan lagi. Awal gue gak mau, gue mikir belum siap segala sesuatunya, kerjaan, finansial dan segala macem yang menyulut gue buat bilang gue gak ikut. But tapi but tapiiii, gue penasaran tuh sama Gunung Prau, terus baca-baca blog sama nontonin vlog orang tentang Prau, tentang Dieng, duh ampun gue gak tahaaaaan, dari dulu gue pengen banget ke Dieng, sumfah ana zuzur :v. Tiga hari menjelang keberangkatan, gue tiba-tiba berubah pikiran, ah kayanya gue ikut, kesempatan gak dateng dua kali wa, karena yang berikutnya mungkin dana umum atau kartu bebas parkir, lah kok jadi monopoli si wkwkwk
lalu seketika gue langsung mempersiapkan segala keperluan dan pastinya minta izin Bapakku tercinta.

Hari itu Jum'at 29 Juni 2018, gue izin pulang siang dari kantor demi kelancaran trip gue ahaha, dan karena udah dibawelin oleh Kang Dedi buat janjian di Alun-alun Cimahi jam 4 sore gak pake telat (padahal doi yang telat), ya karena kita se-daerah jadi berangkat bareng menuju titik kumpul di Terminal Cicaheum Bandung. Pulang kerja gue pun bergegas, mandi dan ambil carrier yang udah disiapin dari semalem. Sampai di Alun-alun Cimahi, nunggu Kang Dedi 15 menitan lalu naik taksi online menuju Cicaheum, ongkosnya Rp.73.000 wa, mmm cakep. Tapi dibagi dua sama Kang Dedi.

Sampai di Cicaheum jam 5, kami berdua menunggu di depan warung, tak lama lalu datang dua teman Kang Dedi, A Agung dan A Fikri, mereka satu kampus di ITENAS. Selang 10 menit, datang 4 orang saling bersusulan dengan ojek online, Prima, Mila, Ririn, dan Kang Fahmi, mereka serombongan dari ITB. Dan satu lagi yang ngajak gue adalah Kang Bayu, doi berangkat dari Jakarta sendiri, nanti ketemu di Terminal Mendolo Wonosobo.

A Agung dan A Fikri sebagai porter atau juga guide of this trip, sibuk nyari-nyari bus jurusan Bandung-Wonosobo, dan tak kunjung temu, adanya malam atau besok pagi. Eeeeh sekonyong-konyong guys ada bus Sinar Jaya yang berangkat jam 18.30 menuju Wonosobo, ongkosnya cuman Rp.70.000 wa, mantep gak tuh, lebih murah dari taksi online gue tadi :v disaat jasa bus lain masih pake tarif lebaran, Sinar Jaya memberi penawaran terbaik wkwk gue gak ngiklan ini sumpah, tapi buat leuweungers or walker low budget kaya gue mah ya ini rezeki yang jangan ditolak dong wkwk dan karena gak ada bus lagi sih hahaha. Lalu usai salat maghrib, berangkatlah kita berdelapan dari Bandung, sedang Kang Bayu udah berangkat dari Jakarta jam 5 sore tadi.

Bus istirahat di Ciamis tengah malam, kalau mau makan beli sendiri, (yakali 70 rebu pen dapet makan :v dikata bus nenek lu), dan bus sampai di Terminal Mendolo, Wonosobo pukul 4 dini hari. Setelah bersih-bersih, salat subuh, beli logistik, packing ulang, dan nebeng nge-charge sekarang kita bersembilan menuju ke Dieng menggunakan elf (bus 3/4), ongkosnya Rp.20.000 saja teman-temaaaan, gue pikir itu harga yang cukup lah ya untuk wisatawan dengan jarak tempuh hampir dua jam dan medan berbukit yang cukup sulit dan berisiko. But tapi but tapiiii, tindakan mas-mas calo yang suka menjejal penumpang sampai penuuuuuh banget sampai berhimpitan dan gak duduk, itu bikin gue ngerasa rugi sih bayar segitu wkwk, suer itu gak nyaman dan makin berisiko nambah beban kan, alhasil elf yang gue tumpangi itu mogok sampe dua kali dong wa, kita bolak-balik dilempar elf elf lain. tapi jadi pengalaman seru sih, plus bisa ngaso bentar nikmatin pemandangan perbukitan, karena didalem desak-desakan jadi gak keliatan keluar hahaha, gue gak bisa lupa moment itu dah.
noh elf-nya wkwk mogok waaaaa, untung pemandangannya indah wa ah elah :D
Kita berangkat dari terminal jam 8 pagi, dan sampailah di Dieng jam 9.30 langsung nyari tempat sarapan, karena Dieng terkenal dengan kawasan wisatanya, jadi gak usah khawatir soal makan, pasti banyaaaak tempat makan dan harganya terjangkau.
Dataran Tinggi Dieng
Setelah sarapan, foto ala-ala, peregangan dan cek kelengkapan, kita berdoa dan langsung bergegas menuju Basecamp.
Basecamp Gunung Prau via Dieng
Setelah registrasi dengan biaya masuk hanya Rp.10.000 saja teman-teman, wow, plus gue dapet sticker Gn. Prau gratis dari Mas-Mas gondrong wkwk, kita berdoa lagi dong biar selamat hehe dan memulai pendakian sekitar pukul 10.20 WIB.
Track Gunung Prau cukup santai dan cocok sih buat pemula dan pejalan kacangan kaya gue, asik pokoknya. menjelang dzuhur kita sudah sampai di Pos 2 Semendung, cepet yak wkwk, ya kita istirahat, salat dulu di situ.
Pos 2 Semendung. Pecinta alam seharusnya gak jauh-jauh dari Pencipta alam hehe
langkah demi langkah kita terus menyusuri jalur, melewati pos 3, dan sampai di puncak sekitar pukul 2 siang.
Kang Dedi di Puncak Gn. Prau wkwk
Selepas istirahat dan berfotoria, kami melanjutkan perjalanan ke campground, melewati bukit-bukit teletubies berupa sabana yang luaaaaaas banget, ah betah deh pokoknya. Sampai di campground A Agung dan A Fikri nyari lapak buat kita mendirikan tenda. Makin sore suhu udah kerasa dingin, kondisi A Fikri juga gak begitu sehat, badannya mulai meriang, mungkin kelelahan, lekaslah tenda di dirikan dan ciwi-ciwi mulai memasak.
Beres makan, salat, semuanya bersih-bersih ganti baju di tenda karena hari udah mulai gelap. Harus ganti baju ya, jangan pakai baju yang keringetan buat tidur, karena lembab bisa bikin masuk angin dan kotor men, keringat + debu = penyakit ehehe.
Gue menikmati dinginnya Prau malam itu, gak tau berapa derajat, yang pasti dingin banget sampe udah pake sweater + jaket tetep dingin dan kaki sama tangan kaya udah mati rasa gitu wkwk

Keesokan paginya, semua berburu sunrise yang konon katanya sunrise di Prau itu munculnya dari timur, suer, beneran dari timur loh wkwk
Mataharinya terbit dari sebelah timur loooh :p
tengok selatan dikit, disambut oleh Gn Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu
Lanjut bikin sarapan, abis itu beres-beres tenda dan kumpulin sampah (ingat, jangan jadi pendaki mental sampah, bawa turun sampahnya!), jam 10an kita rencana turun kembali lewat jalur yang sama, Dieng. Ambil foto barengan dulu dong pasti.
a hike to remember. wuuuw alhamdulillah
Sampai di Basecamp jam 1 siang, itirahat, salat, dan numpang mandi haha. Rencana awalnya kita mau lanjut ngunjungin tempat wisata di Dieng, tapi waktunya tidak memungkinkan, mengingat Senin pagi kita harus sudah tiba di Bandung, akhirnya rencana itupun gagal, terkecuali untuk A Agung dan A Fikri, mereka punya luang waktu buat lanjutin tripnya, sedangkan kita bertujuh pulang ke habitat masing-masing.
Sampai di Terminal Mendolo waktu Ashar, udah worry karena kita kehabisan bus, adanya besok pagi. auto-parno gitu kaaan haha, tapi setelah menunggu dan coba nyari lagi, akhirnya dapet bus Budiman Wonosobo-Cimahi yang berangkat jam 7 malam dengan tarif lebaran. yaudahlah yaaa ahaha.
Sampai di Cimahi Senin pagi, gue nyampe rumah jam 7 dan jam 8 sudah duduk manis di meja kerja kantor, wuw, mantap hahaha.

Estimasi Biaya
Alun-alun Cimahi - Cicaheum Rp.73.000 (gue bayar Rp.30.000, sisanya Kang Dedi hihi)
Bandung - Wonosobo Rp.70.000 (Bus Sinar Jaya)
T. Mendolo - Dieng Rp.20.000 (PP Rp.40.000)
Tiket masuk Gn. Prau Rp.10.000
Logistik Rp.25.000 (patungan)
Wonosobo - Cimahi Rp.135.000 (Bus Budiman masih tarif lebaran, include makan 1x di Ciamis)
Oleh oleh Sirup Carica 3 pack Rp.45.000 wkwk
Jajan mah relatif yee masing-masing aja, totalin aje sendiri ya udah pada gede ah.

makasih banyak udah mampir, see ya!