GUNUNG GEDE - Naik Musim Hujan Bikin Kapok!

Kawah Gunung Gede - Riska Aditiana

Yow, Assalamu'alaikum rekan sejawat!

Hari itu gue dapet DM di Instagram dari kakak kelas gue di SMA yang sekonyong-konyong nanyain, "Ris, ada rencana ke Gunung Pangrango gak? kalau ada saya ikut", trus gue jawab aja gak ada, lah emang gak ada. apaansi, ya gitu lah pokonya.

Setelah beberapa purnama, terdengar hawar-hawar temen gue mau ke Pangrango bareng temen-temennya, doi ngajak gue. hmm, setelah mempertimbangkan waktu, finansial, keseimbangan ekosistem dan kemaslahatan umat sedunia, akhirnya gue memutuskan yodah ayok gue ikut. Gue juga udah kenal sebagian temen-temennya itu karena kita pernah naik bareng ke salah satu gunung di Garut,September 2018 lalu. Seketika gue inget kakak kelas gue itu, lalu ku ajaklah beliau buat join, dan, iya.
Sepekan sebelum keberangkatan kita udah prepare booking simaksi online dan pembagian tugas buat bawa logistik di grup Whatsapp. Tiga hari menuju keberangkatan temen gue si kupret ni malah gak jadi ikut, lah doi yang ngajak malah doi yang gak ikut gimana si :(

Singkat cerita, 9 November 2018 Jumat malam kita berangkat dari Bandung menuju Cianjur dan sampai di basecamp Cibodas tengah malam. Kita habiskan waktu untuk istirahat menunggu pagi. Menjelang pagi, si bola api mulai meninggi, setelah sarapan pagi dan urus simaksi yang ribet dan lamaaa bingit kek nunggu kepastian doi, kita baru start naik jam 1 siang dong. waw. Rencana awal menuju Pangrango pun akhirnya ganti haluan jadi ke Gede. Cuaca mulai mendung, gue udah worry sih ni pasti ujan. Dan ya, baru seperempat perjalanan gerimis turun yang makin lama makin deres ni aer turun bawa keluarganya apa. Sempet neduh beberapa saat dan pake jas ujan. Lanjut terus jalan dan ujan makin deras, asli itu ujan gede, kek harapan gue ekekek gak ding ciyus ini ujan berhasil banget bikin kita semua basah kuyup walaupun udah pake jas ujan, langkah melambat dan beban terasa lebih berat berkali lipat. Jalan pun mesti lebih hati-hati karena licin dan jadi jalur aliran air. Sore kita sampai di Shelter air panas, ujan mulai reda, tapi kita tetep basah kuyup dan kedinginan, tanggung basah yauda kita rendeman di air panas, mateng mateng dah lu. Sambil istirahat, kita nyeduh minuman hangat dan mengeringkan badan. Ini belum setengah perjalanan, kita lanjut jalan lagi sebelum ketemu gelap, dan hujan kembali mengguyur tanpa kompromi, bener-bener gak mau berhenti.

Gue liat sekeliling langit udah gelap, suara binatang malam ramai saling sahut macem orkestra alam. Ya, kita kemaleman. Yang rencananya kita akan ngecamp di Alun-alun Surya Kencana, lah ini udah jam 8 malem Kandang Badak aja belum sampe. Gak ngerti lagi sih kenapa pendakian jadi selama itu. Entah bagaimana saat itu gue tiba-tiba sok-sok mendramatisasi gitu sih, tiba-tiba gue mikir gue ngapain sih naik gunung? cape-capean gini buat apa? trus gue liat sampah-sampah yang ditinggalin sebagian pendaki yang ga bertanggung jawab, rasanya, gimana ya, duh YaTuhan gue dzolim gak sih sama alam? apa kehadiran gue nih mengganggu keseimbangan ekosistem yang udah terjalin? apa gue ganggu habitat mereka? rasanya kok gue egois banget gitu nyari kedamaian dengan naik gunung tapi menggagu kedamaian makhluk Tuhan yang lain. gak bisa ni kalau ntar turun gak ada kebaikan atau manfaat apa-apa, minimal ya buat diri gue sendiri gitu, sampe gak kerasa gue ternyata nangis di antara guyuran hujan wkwk.

Oke lanjut cerita dulu yak. Jam 9 malem kita sampe Kandang Badak, yang cowo-cowo udah sampe duluan buat nyiapin tenda, karena udah malem dan banyak yang udah lemes kelelahan, kayanya gak mungkin lanjutin perjalanan ke Surya Kencana. Jam 10 malem, semua udah masuk tenda dengan hujan yang masih setia, cewek-cewek udah pada tepar sih kedinginan dan lemes banget, cowok-cowok pada masak dan bikin minuman anget, duh jadi gaenak, kerasa banget sih saling bantu, saling ngehargain, dan kebersamaannya itu. Pokonya gue makasih banget, gokil. Abis itu kita tidur dengan aliran air di bawah tenda yang kerasa di pungguuuung. gila, dingiiiin ampe menusuk ke ginjal.

Besok paginya kita langsung summit dan turun ke Surya Kencana, semua barang kita tinggal di tenda dan cuma bawa snack sama air minum. Tengah hari kita kembali ke tenda dan hujan kembali mengguyur, emang gak ada abisnya. Lepas makan, beres-beres, kita baru turun jam setengah 8 malem, perkiraannya jam 11 kita sampe basecamp, ternyata kita baru sampe basecamp jam 2 dini hari, basah kuyup tentunya. Entah kenapa perjalanan bisa selama itu, mungkin memang karena hujan jadi gerak kita melambat. Alhasil rencana senin pagi kita sudah tiba di Bandung pun tidak terwujud, kita semua sepakat untuk istirahatin badan dulu di basecamp sampai pagi sebelum pulang ke Bandung, sampe banyak yang izin gak masuk kampus, gue pun mesti izin bolos kerja hari senin itu karena baru tiba di Bandung tengah hari.

Well setelah perjalanan ini gue menyadari betul bahwa, mencintai alam harus dengan ilmunya. Yang ngakunya pecinta alam, jangan-jangan ternyata justru sebaliknya, tanpa disadari kita menyakiti alam. Jadinya gue mikir kayanya kalau gak harus-harus banget gue gak perlu naik gunung, mesti ditahan walaupun kangen banget pasti, entah itu demi alasan kelestarian, keamanan, keselamatan, semua mesti dengan ilmunya, mesti belajar bagaimana mencintai alam dengan benar.
Oke makasiw udah mampir. Salam lestari, hormat lan rahayu.

Komentar

Postingan Populer